Cara Mengatasi Layar Mati (No Display) Tapi Laptop Menyala

Pernahkah layar laptop mu datang tiba mati dan  tidak menyala? Kalau kau sedang membaca artikel ini, mungkin kau sedang mengalami permasalahan pada layar laptop mu itu.

Seperti yang kita tahu, layar laptop merupakan komponen yang cukup rentan mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering dialami pengguna yaitu layar mati meskipun kondisi laptop sudah menyala.

Meski harddisk, lampu indikator, dan fan berjalan, namun tetap tidak memunculkan gambar sama sekali (no display). Permasalahan ini tentu cukup meresahkan, apalagi kalau kau sangat bergantung pada laptop untuk menuntaskan banyak sekali pekerjaan.

 Pernahkah layar laptop mu datang tiba mati dan Cara Mengatasi Layar Mati (No Display) Tapi Laptop Menyala

Layar laptop mati dan tidak menyala tentu sanggup disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa hal berikut ini mungkin menjadi penyebab layar laptop mati:
  • Yang pertama, layar LCD/LED laptop mati ketika akan dinyalakan. Kondisi ini terjadi lantaran adanya trouble pada hardware dan software, entah itu lantaran overheat, corrupt, korslet atau penyebab yang lain.
  • Kondisi kedua, layar laptop mati ketika mesin masih menyala, sanggup jadi ini disebabkan karea dumb crash pada memory, crash system atau VGA bermasalah.
  • Kemungkinan lainnya yaitu adanya kerusakan pada beberapa komponen menyerupai harddisk, memori RAM, layar LCD dan monitor. Ini tentu akan mengganggu kinerja dari laptop itu sendiri, sanggup juga memengaruhi kondisi layar laptop.
Layar yang menyerupai ini mungkin masih sanggup kita perbaiki sendiri tanpa harus membawanya ke tukang reparasi.

Sebelum memulai langkah perbaikan, sebaiknya kita lakukan diagnosis permasalahan terlebih dahulu.

Diagnosis Permasalahan

Langkah pertama, cobalah untuk memakai monitor eksternal dengan port HDMI atau VGA. Kalau kau melihat gambar dengan terang pada layar eksternal namun pada layar internal mati, maka indikasi kerusakan ada pada kartu grafis nya. Ini juga berarti, motherboard laptop tidak mengalami problem dan dalam kondisi baik.

Sebaliknya, bila layar monitor eksternal tetap kosong/no display, coba pastikan kabel penghubung sudah terpasang dengan benar. Kombinasikan juga tombol pada keyboard, biasanya memakai Fn dan F. Untuk laptop merek lenovo sanggup menekan Fn + F3, kemudian pilih mode second screen only.

Selanjutnya, lihatlah lebih akrab pada layar LCD laptop kemudian pastikan layar tidak benar-benar hitam. Apabila layar masih sanggup bekerja namun gambar kurang terang bahkan mungkin hampir tidak kelihatan, mungkin layar masih menerima sinyal data dari video card.

Nah itu ia beberapa langkah diagnosisnya, mari kita lanjut mengenai cara memperbaikinya.

Sekiranya, beberapa cara berikut ini sanggup mengatasi laptop nyala tapi layar mati (no display):

1. Matikan Laptop

Solusi pertama ketika layar laptop tiba-tiba mati dalam keadaan menyala yaitu dengan mematikan laptop secara paksa (menekan tombol power, setidaknya sampai 10 detik). Mungkin permasalahan ini disebabkan lantaran software error menyerupai system crash, dumb crash, atau pada memory sehingga menciptakan sistem tidak sanggup mengeksekusi suatu program/file yang sedang dijalankan.

Hal inilah yang mungkin menciptakan layar laptop menjadi blank hitam dan tidak memunculkan apapun. Cara ini juga terbilang simpel dan praktis untuk dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun.

2. Lepas Baterai

Cara mengatasi laptop nyala tapi layar mati yang selanjutnya yaitu melepas baterai sesaat sekurang-kurangnya 5 menit. Sebelumnya, kau sanggup mematikan laptopmu dengan cara shutdown atau dengan cara paksa. Hal ini dilakukan lantaran mungkin ada problem dengan pasokan listrik pada laptop yang mengganggu kinerja memori, prosesor atau IC pada board.

Dengan cara memasangkannya kembali (setelah dilepas selama 5 menit), maka sanggup menciptakan electricity reset pada semua komponen yang bekerja sehingga kinerjanya lebih optimal. Namun dengan syarat tidak ada komponen laptop yang mengalami kerusakan secara fisik.

3. Lepas Memori RAM

Cara mengatasi lcd laptop tidak menyala yang selanjutnya yaitu melepas memori RAM pada pecahan belakang laptop. Kondisi pemakaian yang cukup usang sering kali menciptakan komponen ini mengalami shock atau panas berlebih. Kinerja yang cukup berat sanggup menciptakan suhu tinggi pada beberapa komponen laptop.

Setelah RAM kau lepas, tunggulah sampai beberapa menit. Kamu juga sanggup membersihkannya dengan memakai karet penghapus secara perlaha. Terakhir, kau sanggup memasangkannya kembali sesuai slot yang ada.

*Sebelum melepas RAM, ada baiknya kau melepas baterai laptop terlebih dahulu supaya lebih safety.

4. Ganti Lampu Latar (Backlight)

Saklar ini biasanya berbentuk menyerupai tombol kecil yang letaknya di akrab layar LCD laptop. Tombol ini akan memicu mode sleep atau hibernate ketika layar ditutup. Kalau saklar tutup nya kotor biasanya akan menjadikan pedoman listrik dari papan inverter terputus.

Perlu kau tahu, papan inverter ini bekerja sebagai catu daya untuk lampu latar (backlight) dan bila tidak ada daya yang masuk ke papan, maka lampu latar tidak akan sanggup menyala sebagaimana mestinya.

Kalau sudah begitu, mungkin kau perlu mengganti lampu latarnya, sekiranya carilah yang dilengkapi konektor supaya sanggup terhubung pada papan inverter secara langsung. Pastikan juga lampu latar yang kau beli menyerupai dengan konektor di layar monitor laptopmu.

Sesudah mengganti lampu, biasanya lampu kembali normal dan kau sanggup menyimpulkan bahwa permasalahannya ada pada lampu latarnya.

5. Bongkar Laptop, Lalu Periksa

Untuk memastikan lebih rinci mengenai permasalahan pada laptopmu, sebaiknya bongkarlah laptop kemudian periksa beberapa komponen. Kalau kau sudah pernah membongkar laptop atau paham mengenai detail komponennya, coba lepas beberapa komponen yang melekat pada board, khususnya pada fan prosesor dan prosesor itu sendiri.

Cek juga kabel-kabel yang tersambung, terutama untuk kabel LCD monitor dan VGA-nya. Sekamuinya ada bau-bau gosong yang sangat menyengat pada board, maka sanggup saja ada beberapa komponen yang mendapatkan panas berlebih atau korslet.

Penutup

Mungkin itu saja beberapa cara memperbaiki/mengatasi layar mati tapi mesin laptop menyala. Biasanya kondisi menyerupai ini belum 100% terjadi lantaran problem pada LCD itu sendiri.

Penyebab layar laptop tidak menyala bukan hanya disebabkan oleh hal yang itu-itu saja, namun ada banyak kemungkinannya. Biasanya, permasalahan yang pribadi terjadi pada LCD yaitu layar bergaris, layar terbelah dan layar laptop blank putih.

Mengatasi layar laptop mati atau tidak menyala bersama-sama gampang-gampang susah, diharapkan ketelitian dan keberanian untuk mencoba. Jangan hanya mengkamulkan tukang reparasi kalau memperbaiki sendiri juga bisa.

Kalau cara ini belum berhasil juga bagaimana? Silahkan cari artikel dan sumber tumpuan lainnya di internet. Banyak kok yang membahasnya. Selamat mencoba yah!

Referensi:
  • KendariKomputer.blogspot.com
  • Forum KasKus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel