√ Cara Membersihkan Keyboard Laptop Dan Tips Merawatnya

Cara merawat dan membersihkan keyboard laptop - Seperti yang kita tahu, keyboard pada laptop atau notebook tentu berbeda dengan komputer personal. Bentuknya tidak bentet dan besar, namun lebih kecil dan minimalis mengikuti ukuran laptop.

Coba kau bayangkan bila ada salah satu tombol yang tidak berfungsi dengan semestinya, niscaya kau akan cepat bad mood. Apalagi kalau tombol itu termasuk yang penting dan sering digunakan, kau bakal stress alasannya ialah pekerjaan lebih usang selesainya.

 Cara merawat dan membersihkan keyboard laptop  √ Cara Membersihkan Keyboard Laptop dan Tips Merawatnya

Keyboard laptop merupakan salah satu komponen yang gampang sekali kotor. Meski sudah beberapa kali dibersihkan, tetap saja keyboard akan cepat kotor kembali.

Bentuknya yang mini dan banyak sekatnya menciptakan komponen ini menjadi sarangnya debu. Mungkin terlihat sepele, namun usang kelamaan abu ini sanggup menjadi kotoran yang membandel.

Pernahkah kau mengalami tombol keyboard yang lengket dan sulit ditekan? Bisa saja hal ini dikarenakan kotoran yang melekat pada sela-sela keyboard. Mungkin juga laptop kesayanganmu menjadi korslet, ngehang atau pun rusak tanpa diduga-duga.

Kalau sudah begitu, maka kau harus memperbaiki keyboard dengan sebaik-baiknya.

Jika kau membersihkan keyboard, maka kau sudah merawat laptop dengan cara yang benar. Anda juga sanggup meminimalisir pengeluaran untuk service keyboard kalau sewaktu-waktu rusak.

Oleh alasannya ialah itu, lebih baik kau melihat dan mencoba beberapa tips merawat dan membersihkan keyboard laptop supaya lebih awet.

1. Matikan Power Laptop

Sebelum kau membersihkan keyboard laptop, ada baiknya kau mematikan sumber daya terlebih dahulu. Matikan power laptop, lepas charger dan kabel USB yang masih melekat pada laptop kamu. Ini untuk meminimalisir terjadinya korslet arus listril.

2. Pembersihan Sederhana

Untuk membersihkan dengan cara yang simpel, kau sanggup memiringkan/jungkirkan laptop ke depan atau samping. Kemudian, tiuplah perlahan pada setiap sisi keyboard supaya abu dan kotoran yang melekat sanggup berkurang. Kamu juga bisa  membersihkan keyboard dengan kuas yang lembut untuk menghilangkan abu membandel.

3. Pembersihan Intensif

Kalau kau punya dana lebih, cobalah untuk membeli vacuum cooler pembersih laptop. Alat ini tentu sangat efektif untuk membersihkan partikel kotoran yang melekat pada laptop. Seandainya belum punya penyedot debu, kau sanggup memakai hairdryer (pengering rambut) sebagai alternatif.

4. Kalau Susah, Lepas Tuts Keyboard

Kalau keyboard laptopmu masih kotor atau ada abu yang susah dibersihkan, maka cobalah untuk melepas tuts/tombol keyboard. Namun sebisa mungkin hindari langkah ini alasannya ialah bergotong-royong melepas keyboard akan memakan waktu dan sanggup merusak laptop kalau tidak hati-hati.

Pastikan kau yakin terlebih dahulu dan siap menanggung risiko yang ada. Ketahui merek laptopmu kemudian berhati-hatilah ketika melepas tuts keyboardnya. Lakukan secara perlahan dan simpan di kawasan yang aman. Setelah itu, ambil keyboardnya kemudian bersihkan dengan hati-hati. Terakhir, pasangkan kembali keyboard sesuai kondisi semula.

Tips:
  • Sebelum melepas tombol, ada baiknya kau menghafal posisi tombolnya. Seandainya susah, kau sanggup mencari gambar papan keyboard. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu ketika memasangkannya kembali ke kondisi awal.
  • Pada fase pengangkatan tombol, sebisa mungkin memakai obeng minus dan tidak mengangkat tombol terlalu keras.
  • Apabila sesudah tombol dipasang terlihat menonjol, coba tekan tombol itu supaya sanggup masuk ke slotnya. Biasanya tombol menonjol akan sangat terlihat alasannya ialah posisinya tidak sejajar dengan tombol lainnya.
  • Pada pelepasan tombol, kau sanggup menghilangkan lebih banyak bakeri dengan cara menyelupkan tombol pada alkohol. Tetapi biasanya cetakan abjad pada tombol biasanya akan memudar alasannya ialah imbas alkohol.

5. Pencegahan

Jika langkah sebelumnya sudah kau coba, maka sebaiknya lakukan tindakan pencegahan untuk meminimalisir abu atau kotoran pada keyboard. Bagaimana caranya?

Gunakan keyboard protector. Pelindung ini biasanya terbuat dari karet dan harganya cukup murah di beli. Dengan adanya keyboard protector ini, abu dan kotoran akan lebih susah masuk ke sela-sela keyboard.

Jangan suka melaksanakan kebiasaan buruk. Hindari  menaruh masakan atau minuman di akrab laptop yang kau gunakan, alasannya ialah mungkin saja keyboard laptopmu ketumpahan masakan atau minuman itu. Tentu hal ini cukup berbahaya alasannya ialah sanggup mengakibatkan korsleting pada laptop, bahkan mungkin sanggup mati total.

Tips Lainnya:
  • Bersihkan laptop minimal satu ahad sekali untuk perawatan rutin. Ini sanggup menjaga laptopmu tetap terjaga dan selalu dalam keadaan bersih.
  • Matikan arus listrik dan laptop benar-benar mati sebelum membersihkannya dengan kain yang sedikit dibasahi.
Penutup

Itulah beberapa cara merawat dan membersihkan keyboard laptop biar tidak gampang rusak. Sering kali kita menyepelekan kebersihan pada keyboard, namun justru ini menciptakan keyboard kita gampang rusak dan tidak berfungsi.

Selain duduk perkara kebersihan, kau juga harus berhati-hati ketika memainkan game. Terlebih, bila game yang dijalankan amat seru sehingga menciptakan kau 'lupa diri' menekan tombol terlalu keras. Ini niscaya sanggup menciptakan kerusakan pada keyboard berlipat ganda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel