Cara Menciptakan Laptop Sebagai Hotspot Wifi Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi

Cara menciptakan laptop sebagai hotspot wifi bersama-sama cukup mudah. Ada dua metode menciptakan hotspot wifi dari laptop, cara pertama dengan aplikasi dan cara kedua tanpa software. Keduanya bersama-sama bisa pribadi kau praktikkan dengan sangat simpel dan mudah.

 Cara menciptakan laptop sebagai hotspot wifi bersama-sama cukup gampang Cara Membuat Laptop Sebagai Hotspot Wifi Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi
Cara Hotspot Wifi dari Laptop Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Siapa sih yang tidak butuh hotspot/wifi? Sebagian dari kita tentu membutuhkannya untuk mengakses internet. Hadirnya wifi juga bisa mempermudah kita untuk mencari informasi, hiburan dan berbisnis.


Di masa yang serba canggih menyerupai sekarang, internet tentu menjadi salah satu kebutuhan pokok apalagi kalau kau menggeluti dunia bisnis melalui internet. Bukan hanya memudahkan, internet juga wadah bagi insan-insan yang produktif, kreatif dan inovatif.

Nah, kalau kau termasuk orang yang belum bisa berlangganan wifi rumahan dan ingin menciptakan wifi sendiri, bersama-sama kau masih bisa kok. Cukup sediakan laptop, modem+paketan dan smartphone, kau sudah bisa menciptakan dan mengakses wifi sendiri. Dengan cara ini kau bisa membagi terusan internet ke semua perangkat yang kau punya.

Membuat wifi dari laptop juga bisa menjadi alternatif bila smartphone atau paketan kau bermasalah. Kamu bisa menggunakan modem kemudian disebarkan ke perangkat lain. Atau mungkin saja ada sobat yang membutuhkan terusan internet dan kau ingin membagikan kuota kepadanya.

Hitung-hitung untuk amal buat ia yang masih bermental gratisan dan suka nyari-nyari wifi di sekitaran komplek.

Oke, daripada kau resah terus mari kita simak cara menciptakan hotspot wi-fi dari laptop berikut ini…

1. Cara Membuat Laptop Sebagai Hotspot Wi-Fi Tanpa Aplikasi

Membuat hotspot wifi tanpa aplikasi bisa kita lakukan dengan beberapa metode, salah satunya dengan CMD (Command Prompt) pada sistem operasi Windows. Berikut ini cara menciptakan hotspot wifi dengan CMD.

Langkah Pertama

 Cara menciptakan laptop sebagai hotspot wifi bersama-sama cukup gampang Cara Membuat Laptop Sebagai Hotspot Wifi Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Jika kau pengguna Windows 7, buka sajian start kemudian pilih All Programs > Accessories > Command Prompt. Alternatif biar lebih cepat, klik logo start pada keyboard kemudian ketikkan CMD pada fitur pencarian. Selain itu kau bisa menekan CTRL+R kemudian ketikkan cmd pada kotak dialog, sesudah itu enter.

Catatan: Kalau bisa coba gunakan fitur “Run as administrator” untuk memaksimalkan langkah kerja selanjutnya.

Langkah Kedua

Setelah CMD terbuka, coba ketik perintah berikut ini kemudian tekan enter.
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Nama_Wifi_Anda key=Password_Wifi_Anda
Kamu bisa mengganti SSID (nama Wifi yang akan tampil) dan password wifinya sesuai keinginanmu. Untuk password, coba beri 8 karakter adonan antara angka, karakter atau simbol. Usahakan jangan dikasih jarak spasi.

Sampai tahap ini, konfigurasi sudah berhasil. Selanjutnya, kau perlu mengaktifkan fitur Internet Connection Sharing untuk mengaktifkan Wifi supaya bisa terkoneksi dengan internet. Nah, biasanya tahap ini yang bikin gagal dan tidak connect.

Langkah Ketiga

Cari Control Panel kemudian pilih Network and Sharing Center. Masuklah pada bab Network Connection kemudian klik kanan pada jaringan yang sudah terknoneksi dengan internet. Selanjutnya, pilih properties dan pilih yang terkoneksi dengan internet menyerupai Ethernet Local Area Connection (yang kau pakai ke internet).

Langkah Keempat

Setelah kotak obrolan properties terbuka, pilih tab Sharing kemudian beri centang pada checkbox untuk mengaktifkan fitur ICS tadi. Pada bab “home networking connection”, pilih jaringan Wirelles Adaptor yang sudah ada ialah “Wirelles Network Connection 2”. Setelah itu, klik OK.

Yang perlu kau ingat, coba sesuaikan dengan kondisi terusan internet yang kau buat. Jika kau salah dalam memilih, jaringan tentu tidak akan gagal.

Langkah Kelima

Coba aktifkan Wifi yang sudah kau buat tadi. Buka kembali ke CMD (Run as administrator), kemudian ketik perintah berikut.
netsh wlan start hostednetwork
Setelah itu, tekan Enter.

Langkah Keenam

Sampai langkah kelima tadi, jaringan wifi kau seharusnya sudah aktif. Siapa pun bisa masuk dalam jangkauan jaringan dan bisa menggunakan terusan internet dari laptopmu.

Cek secara pribadi dengan melihat icon wifi pada laptopmu. Jika ternyata muncul SSID yang tadi kau buat, berarti percobaanmu sudah berhasil. Selanjutnya, coba hubungkan wifi ke perangkat lain menyerupai smartphone. Jika berhasil konek internet, maka usahamu sudah sukses besar dan menunjukan bahwa cara ini work 100%.

Langkah Ketujuh

Bila kau ingin menutup jaringan wifi, kau hanya perlu kembali ke CMD (Run as administrator) kemudian ketikkan perintah berikut:
netsh wlan stop hostednetwork
Setelah itu, tekan Enter. Nah, hingga di sini wifi kau sudah non-aktif dan tidak bisa dipakai oleh perangkat lainnya.

2. Cara Hotspot Wi-Fi dari Laptop dengan Aplikasi

 Cara menciptakan laptop sebagai hotspot wifi bersama-sama cukup gampang Cara Membuat Laptop Sebagai Hotspot Wifi Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Cara kedua ialah dengan menggunakan aplikasi Baidu Hotspot Wifi. Dengan aplikasi ini, kau bisa pribadi menciptakan wifi secara instant, cepat gampang dan praktis. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi ini kemudian menciptakan wifi beserta kata sandinya. 

Coba cek terusan internet melalui perangkat atau laptop lain, kalau berhasil maka tutorial ini benar-benar bisa membantu mu. Namun apabila belum berhasil, mungkin ada konfigurasi yang salah ketika kau menciptakan hotspot.

Selain itu, bisa jadi laptop tidak bisa connect wifi sehingga menciptakan eksperimen mu gagal. Laptop atau perangkat lain yang ingin dipakai untuk mencoba sebaiknya benar-benar tidak ada dilema supaya tidak mengganggu pemeriksaan.

Penutup

Nah, itu ia beberapa cara menciptakan laptop sebagai hotspot wifi baik tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Keduanya merupakan sebuah metode yang bisa kau praktikkan secara pribadi dan pastinya sangat mudah.

Bila kau mengalami kesulitan, silahkan olok-olokan pertanyaan melalui kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel