Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Ketika Browsing/Internetan

Saat browsing atau internetan, sering kali laptop kita menjadi lebih lambat dari biasanya. Laptop mendadak lemot layaknya seekor siput. Masalah menyerupai ini sangat disayangkan bukan? Padahal kita menginginkan saluran yang cepat sehingga bisa menuntaskan aneka macam kebutuhan kita.

 sering kali laptop kita menjadi lebih lambat dari biasanya Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot ketika Browsing/Internetan

Keadaan menyerupai ini tentu saja bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mungkin lantaran browser itu sendiri, laptop kita atau hal lainnya. Bila kau mengalami kasus serupa, cobalah untuk membaca panduan/tips berikut ini.

Cara Mengatasi Laptop Lemot ketika dipakai untuk Internetan atau Browsing 


Ikuti beberapa cara berikut ini biar laptop kau tidak lemot ketika berselancar di internet.

1. Gunakan Browser yang Ringan


Hal ini bahwasanya perlu kau sesuaikan dengan spesifikasi laptopmu. Jangan samakan laptopmu dengan laptop orang lain. Sesuaikanlah dengan laptopmu sendiri. Untuk penggunaan browser, secara umum dikuasai orang ketika ini memakai Mozilla Firefox dan Google Chrome lantaran fitur-fiturnya sudah familiar.

Jika spesifikasi laptopmu benar-benar minim (RAM 2GB ke bawah), maka coba ganti dengan browser alternatif. Banyak kok yang selain Mozilla atau Chrome. Bahkan mungkin lebih ringan dan cepat bila digunakan.

Untuk rekomendasi, gunakanlah  Palemoon sebagai pengganti Mozilla dan gunakan Vivaldi sebagai pengganti Chrome. Setelah aku coba, laptop tampaknya menjadi lebih ringan ketika browsing di internet.

2. Selalu Hapus History dan Cache


History dan cache yang menumpuk bisa menciptakan acara menjadi lebih berat. Jika ternyata kapasitas RAM kurang memadai, laptop pada kesudahannya bisa menjadi lemot bahkan ngehang. Maka dari itu, bersihkan kedua hal ini pada browser. Kamu juga perlu membersihkannya secara berkala.

3. Hapus Tema/Add-ons Tidak Penting


Sebenarnya ini bukan patokan niscaya sih, tapi perlu kau coba juga. Siapa tahu add-ons memengaruhi kinerja browser.

4. Tutup Tab yang Tidak diharapkan Lagi


Sudah sangat sering terjadi bila laptop akan bertambah lambat sehabis membuka banyak tab. Ini kerap terjadi pada laptop saya. Meskipun RAM laptop aku 4GB, terkadang masih saja laptop menjadi lelet bila membuka banyak tab.

5. Matikan Program Lain


Seringkali urusan pekerjaan mengharuskan kita untuk multitasking (menjalankan acara secara bersamaan) biar pekerjaan lebih cepat selesai. Namun hal ini ada konsekuensinya. Banyak acara yang dijalankan, banyak pula resource memori yang dibutuhkan. Untuk itu, coba tutup semua aplikasi yang berjalan. 

Gunakan aplikasi yang diharapkan atau buka browsernya saja. Ini akan mengurangi beban RAM dan laptop kau akan menjadi lebih ringan.

6. Pastikan Ada Ruang Partisi Drive C


Drive C yang penuh juga kemungkinan bisa menjadikan laptop menjadi lemot. Jika ternyata penuh, coba pindahkan ke drive D atau menghapusnya saja.

7. Gunakan Antivirus yang Ringan dan Tidak Terlalu Banyak


Biasanya antivirus membutuhkan resource memori yang tidak sedikit. Bila dipaksakan terlalu banyak, laptop malah akan menjadi cepat lemot. Apalagi bila antivirus tersebut memiliki fitur pengamanan koneksi internet, laptop kau mungkin akan terasa lebih berat.

Saya sendiri memakai antivirus hanya satu adalah Smadav. Satunya lagi Microsoft Security Essential, namun tidak masuk hitungan lantaran sudah bawaan default Windows 10. 

Sebenarnya bila kau hati-hati dalam hal penggunaan, laptop kau masih bisa kondusif dari serangan virus. Yang penting jangan buka sembarang situs, jangan download/install software mencurigakan dan jangan asal memasukkan sembarang flasdisk ke laptop.


8. Hapus semua file di Recycle Bin


Yaps, coba hapus saja. Mungkin ini cara ini bisa berhasil.

9. Install Add-ons 'Adblock' untuk Memblokir Iklan


Biasanya situs-situs akan menampilkan aneka macam iklan sebagai pendapatan. Jika iklan yang ditampilkan terlalu banyak, performa browser mungkin akan terganggu. Apalagi iklannya mengandung virus, pop-up dan AdWare. Untuk itu, cobalah untuk memakai adblock dengan sebaik-baiknya.

10. Bersihkan dengan CCleaner


Laptop lemot ketika internetan mungkin juga dikarenakan adanya junk file yang terbentuk dari kegiatan browsing. Sebagai solusinya, kau perlu memakai software yang satu ini. Software ini cukup efektif untuk membersihkan junk file dan registry yang error. Saya sudah membuktikannya.

11. Uninstall Aplikasi


Sudah menjadi diam-diam umum bila laptop kita menjadi lemot lantaran banyaknya aplikasi yang terinstall. Maka dari itu, kau perlu menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan. Semakin sedikit aplikasi, semakin bagus.

12. Disk Clean UP


Langsung ke caranya saja. Pertama, buka Windows Explorer kemudian pilih partisi harddisknya (lebih baik yang drive C). Kemudian klik kanan kemudian pilih properties. Setelah itu, pilih defragmenter (windows 7) atau disk clean up (windows 10). Tunggulah hingga loading selesai, kemudian restart laptop kamu.

13. Panduan Lengkap!


Nah bila kau sudah mencoba semua cara di atas namun belum berhasil juga, lebih baik kau membaca panduan yang lebih lengkap saja. Ini artikelnya:
Artikel tersebut aku ulas lebih dalam dan mendetail, jadi teman-teman bisa praktik lebih banyak lagi untuk mengatasi laptop yang lemot, lelet, lamban atau lambat.

Akhirnya berakhirlah sudah pembahasan kita kali ini. Semoga cara-cara di atas bisa menciptakan laptopmu lebih ringan ketika dipakai untuk browsing/internetan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel