√ Cara Mengatasi Lupa Password Pada Laptop/Pc Windows

Cara mengatasi lupa password pada laptop dan PC. Di zaman yang serba canggih dan digital ini, banyak sekali tindak kejahatan melalui dunia teknologi. Kita dituntut untuk selalu mawas diri terhadap banyak sekali hal terutama untuk data-data eksklusif yang penting.

Karena kalau tidak dijaga dengan baik, dapat saja ada oknum yang menyalahgunakan data tersebut dengan cara yang tidak baik.

 Cara mengatasi lupa password pada laptop dan PC √ Cara Mengatasi Lupa Password pada Laptop/PC Windows

Alternatifnya, kita memerlukan sebuah pengaman khusus untuk mengamankan hal-hal yang bersifat privasi. Salah satunya yaitu memberi kata sandi (password) pada laptop atau komputer yang kita gunakan.

Dengan memberi password, laptopmu dapat terhindar dari tangan-tangan usil yang ingin mencoba membuka dan mencari tahu isi laptop kesayanganmu. Cara yang ibarat ini tampaknya yang paling gampang biar laptop tidak gampang untuk dibuka atau diakses oleh orang lain.

Akan tetapi, mungkin kau mengalami  hal yang tidak diinginkan. Password yang kau gunakan malah lupa dan salah melulu. Akhirnya kau juga tidak dapat masuk untuk mengakses laptopmu sebagaimana mestinya. Kalau yang belum paham soal beginian, kau akan panic dan takut seandainya laptop tidak dapat diakses lagi.

Sebenarnya masih ada beberapa cara mengatasi laptop yang lupa password dan membukanya kembali tanpa hambatan yang berarti. Bahkan, kondisi lupa password login juga dapat dipraktikkan untuk segala jenis Windows apapun entah itu Windows 7, Windows 8 bahkan Windows 10.

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop

Berikut yaitu beberapa cara mengganti password pada laptop atau komputer yang sangat gampang untuk kau praktikkan:

Dengan kemunculan Windows 10, mungkin ketika ini pengguna Windows 7 semakin berkurang tidak sebanyak dulu. Seperti yang kita tahu, Windows 7 merupakan salah satu produk best seller dari perusahaan Microsoft. Sampai ketika ini pun, masih banyak pengguna yang memakai sistem operasi ini alasannya sangat user friendly.

Bagi yang pengguna Windows yang mengamankan laptopnya dengan password namun lupa, bekerjsama ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu sebagai berikut:

Masuk Windows dengan Mode Aman (Safe Mode)

Salah satu cara mengatasi laptop lupa password yaitu dengan login melalui safe mode.  layak kau coba dengan memakai built in administrator. Dengan tools satu ini, kau dapat membuka password dengan lebih mudah. Caranya yaitu sebagai berikut:
  1. Nyalakan laptop kesayanganmu kemudian tekan F8 (bisa juga beda tergantung vendor laptop) ketika laptop masih dalam proses booting.
  2. Setelah itu, Laptop akan menampilkan Advanced Boot Option pada layar. Pilih hidangan safe mode kemudian tekan enter dan laptop akan menyala dalam keadaan safe mode.
  3. Dalam tampilan layar, kau dapat melihat beberapa akun. Selanjutnya pilih Administrator (built-in). Secara defaultnya, Windows tidak membutuhkan password lagi. Kaprikornus kau dapat masuk Windows tanpa adanya kolom password yang harus diisi.
  4. Kalau laptop sudah dalam kondisi safe mode sepenuhnya, coba klik start kemudian cari control panel.
  5. Masuk pada hidangan All Control Panel Items kemudian pilih User Accounts.
  6. Klik Manage Another Account kemudian pilih akun Windows yang ingin dirubah passwordnya.
  7. Pilih change the password lalu masukkan password gres sebanyak dua kali. Yang satu untuk pengenalan dan yang satunya lagi untuk proses verifikasi password. Kalau tidak cocok berarti ulangi lagi dari awal.
  8. Setelah itu klik change password kemudian restart laptop kesanganmu.
Terakhir akan muncul form password lagi, cobalah untuk memasukan kata sandi dengan benar ibarat yang sudah kau tulis sebelumnya. Setelah itu, kau dapat masuk (login) Windows tanpa masalah.

Menghapus Password dengan Windows Password Recovery

Kalau kau belum tahu, Windows Password Recovery ini merupakan alat canggih besutan Microsoft. Tools keren ini mempunyai tiga versi yaitu Standard, Professional dan Ultimate dengan banderol seharga $19.95 sampai $44,95.

Namun kau tidak perlu khawatir, kau dapat memakai Windows Password Recovery versi trialnya jadi gratis. Selain itu, kau juga akan disuguhkan sensasi nikmat dari tools ini untuk mengatasi banyak sekali masalah. Sekiranya, tool ini mempunyai fitur berikut ini:
  • Mereset password Windows baik untuk mengubah atau menghilangkan password administratornya.
  • Proses reset sangat cepat dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.
  • Dapat mereset password Windows dengan sumbangan USB flashdisk ataupun CD/DVD.
  • Mendukung sistem operasi Windows manapun baik itu Windows 2000, XP, Vista, 7, 8, 8.1, dan Windows 10.
  • Tidak ribet dan sangat gampang digunakan.
Ini cara mereset password memakai tools Windows Password Recovery:
  1. Langkah pertama, buatlah bootable CD/DVD atau USB flashdisk di laptop atau komputer yang masih dapat diakses. Kalau tidak ada, coba untuk pinjam teman atau ke warnet sebentar saja. Saran saya, gunakan flashdisk saja alasannya lebih simple dan tidak terlalu ribet. Flashdisk ini juga dapat menjadi alternative utama ketika laptopmu tidak mempunyai DVD-ROM.
  2. Selanjutnya, tancapkan flashdisk ke laptop kemudian buka Windows Password Recovery. Pilih tab Advanced kemudian pilih sasaran sistem operasinya.
  3. Kemudian pilih kawasan dimana kau akan burning bootable image melalui Windows Password Recovery. Klik Next dan tunggu sampai selesai.
  4. Kalau sudah selesai, USB akan menjadi bootable dan kau dapat menggunakannya untuk mereset password Windows. Coba tekan CTRL + ALT + DEL kemudian pilih restart. Sebelum masuk Windows, cobalah untuk masuk booting terlebih dahulu. Setiap brand laptop berbeda-beda, kalau laptop Lenovo dapat tekan F2 (merk yang lain menyesuaikan).
  5. Setelah masuk mode booting, pilih USB HDD : Flashdiskmu lalu tekan enter.
  6. Sampai sini, kau akan masuk jendela Windows Password Recovery. Pilihlah sistem operasimu, kemudian ikuti perintah yang tertampil. Kamu dapat menentukan 2 opsi yaitu Remove Windows Password untuk menghapus password Windows dan opsi Change Windows Password untuk mengubah password pada Windows. Selain itu, ada juga opsi untuk menghilangkan akun admin atau membuat akun admin yang baru.
Terakhir, klik Next dan tunggu proses reset-nya. Sekarang laptopmu sudah dapat dipakai sebagaimana mestinya.

Log-in Menggunakan Password Reset Disk

Kalau lupa password laptop, kau juga dapat memakai fitur password reset disk. Caranya ibarat dengan Windows Password Recovery namun kali ini lebih singkat dan cepat.

Berikut yaitu langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama, coba buat Password Reset Disk pada CD/DVD atau USB flashdisk dengan memakai laptop lain yang masih dapat diakses. Untuk caranya sendiri juga cukup mudah, tinggal ikuti saja aba-aba yang tertampil pada jendela Password Reset Disk. Kalau sudah jadi, masukkan flashdik ke laptop kesayanganmu.
  2. Ketika kau salah mengetikkan password, biasanya sistem operasi Windows akan memunculkan opsi “Reset password…” sebagai solusi permasalahan para pengguna. Kalau memang ternyata ada, klik saja tautan tersebut.
  3. Selanjutnya akan tampil “Password Reset Wizard” yang muncul pada layar laptopmu kemudian klik Next. Berhubung Flashdisk sudah terpasang, kau sudah dapat mengetikkan password gres ketika itu juga. Setelah itu klik Next lagi dan Finish.
Sampai langkah ini, seharusnya kau sudah dapat membuka laptop atau komputermu memakai password yang gres saja dibuat.

Membuka Password dengan Administrator

Cara mengatasi lupa pasword di laptop yang satu ini dapat dilakukan kalau memakai dua administrator. Kalau hanya satu direktur maka cara ini tidak dapat dipraktikkan.

Seandainya akun direktur yang satu tidak diberi password atau kau ingat passwordnya, maka kau dapat mengakses Windows ibarat biasanya. Kamu dapat mengakalinya dengan mengutak-atik beberapa konfigurasi yang ada pada Windows.

Lantas bagaimana cara mengganti password pada leptop dengan cara ini? Mari simak pembahasan berikut ini:

Buka jadwal “Run” dengan menekan tombol CTRL + R atau mencarinya secara manual melalui menu start. Setelah itu, ketikkan perintah “lusrmgr.msc” untuk membuka Local Users and Groups. Kalau jendela tertampil, cobalah pilih menu Users.

 Cara mengatasi lupa password pada laptop dan PC √ Cara Mengatasi Lupa Password pada Laptop/PC Windows


Setelah masuk, akan ada beberapa opsi yang dapat kau pilih. Carilah akun direktur yang ingin kau ganti passwordnya kemudian klik kanan dan pilih “Set password…”.

Akan muncul jendela peringatan, namun jangan khawatir. Klik saja “Proceed” kemudian buat password baru. Terakhir klik Ok.

Nah itulah sekiranya beberapa cara mengatasi lupa password laptop, komputer atau notebook. Kamu dapat menentukan salah satu cara yang paling gampang untuk digunakan. So, selamat mencoba guys! Semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel