Cara Mengambil Screenshot Di Laptop/Pc Windows 7,8 Dan 10

Screenshot, screen capture atau tangkapan layar yaitu kegiatan mengambil gambar dari layar suatu perangkat ibarat komputer, laptop, notebook, tablet dan smartphone. Dengan adanya fitur screenshot, kita dapat menangkap info yang ada pada layar, baik itu berupa foto maupun tulisan.


1. Mengambil Screenshot dengan Menekan Tombol Print Screen

Untuk mengambil screenshot di laptop, mari kita mulai dari cara yang paling gampang terlebih dahulu. Cara ini juga paling sering dipakai alasannya yaitu sangat simple, kau hanya perlu menekan tombol Print Screen.

Meski banyak yang sudah memakai cara ini, sesungguhnya ada beberapa metode yang dapat menjadi beberapa pilihanmu contohnya yaitu:
  • Mengambil screenshot tanpa menyimpan file secara otomatis dan hanya disimpan ke clipboard
  • Mengambil screenshot dan otomatis disimpan menjadi file
  • Mengambil screenshot hanya satu jendela yang aktif dan bukan full screen
Mari kita bahas cara menangkap layar laptop satu per satu.

a.) Mengambil Screenshot Tanpa Menyimpan File Secara Otomatis (PrtScn)

Untuk memakai cara ini, carilah tombol Print Screen yang biasanya diberi nama PrtScn, PrntScrn, PrintScr atau PrtSc pada keyboard. Letak tombol ini biasanya berada pojok kanan atas keyboard. Kalau sudah ketemu, tekan tombol tersebut.

Setelah kau menekan tombol tadi, tidak akan terlihat muncul apa-apa namun layar tersimpan dalam clipboard (menyalin gambar layar). Untuk menuimpannya, kau hanya perlu melaksanakan Paste saja pada kegiatan edit gambar ibarat Paint atau Photoshop.

Kamu dapat menekan tombol CTRL + V di keyboard atau melaksanakan klik pada icon paste di kegiatan editor tersebut.

Setelah itu, kau dapat Save As untuk menyimpan gambar ke harddisk internal.

Cara ini memang sangat gampang dilakukan, namun kita belum dapat memotret gambar layar secara keseluruhan. Kalau kau ingin memotret bab tertentu, kau harus melaksanakan crop pada gambar yang kau jepret tadi.

Kalau ingin lebih lengkap, mari kita lanjut ke poin pembahasan selanjutnya…

b.) Mengambil Screenshot dan Menyimpan File Secara Otomatis (Win + PrtScn)

Cara yang satu ini sesungguhnya hanya dapat dipakai untuk Windows 8.1 dan Windows 10 alasannya yaitu memang fitur ini termasuk keluaran baru. Caranya cuma tekan tombol Windows key + Print screen kemudian layar akan berkedip/flash seketika.

Kalau sudah begitu, artinya screenshot sudah tersimpan di folder Pictures > Screenshot. Kamu dapat melaksanakan screenshot berkali-kali dengan lancar tanpa secara otomatis tanpa perlu ribet masuk ke image editor.

c.) Mengambil Screenshot Hanya Aplikasi Aktif (ALT + Prnt scrn)

Sebenarnya cara ini ibarat dengan cara pertama, bedanya hasil screenshot yang akan tampil hanya jendela kegiatan atau aplikasi yang sedang dipakai saja, bukan layar penuh. Caranya kau cukup tekan ALT + Prnt scrn, kemudian buka kegiatan editor paint atau photoshop.

Setelah itu klik kanan > Paste atau tekan CTRL + V. Hasil jepretannya hanya akan memunculkan jendela aplikasinya saja tanpa background layar.

Kekurangan cara ini sesungguhnya sama dengan cara pertama, kita belum dapat mengatur area screen shot dengan leluasa. Namun cara ini lebih efektif kalau menginginkan hasil gambar yang ada pada kegiatan berjalan.

2. Mengambil Screenshot dengan Menggunakan Snipping Tool

Pada poin sebelumnya kita mengambil screenshot tanpa aplikasi, namun kini kita akan membahas cara screenshot dengan aplikasi berjulukan Snipping Tool. Sebenarnya aplikasi ini merupakan bawaan dari sistem operasi Windows, jadi kau dapat eksklusif menggunakannya tanpa install terlebih dulu.

Kalau kau tertarik memakai cara ini, simak langkah berikut:

Pertama, buka sajian Start kemudian ketik Snipping Tool di kolom pencarian. Kalau sudah ketemu, buka aplikasi tersebut sesegera mungkin.

Setelah aplikasi terbuka, coba atur terlebih dahulu posisi aplikasinya dimana semoga tidak menutupi gambar yang ingin di screenshot. Kamu dapat klik New dan pilih salah satu opsi berikut ini:
  • Free-form Snip : Mengambil screenshot untuk menyeleksi secara bebas dan tidak beraturan.
  • Rectangular Snip : Mengambil screenshot untuk menyeleksi layar secara kotak persegi.
  • Window Snip :  Mengambil screenshot untuk bab tertentu saja (program yang aktif) sama ibarat metode ALT + Prnt scrn.
  • Full-screen Snip : Mengambil screenshot untuk satu layar penuh sama ibarat cara yang pertama.
Kalau kau menentukan full-screen biasanya sudah akan masuk ke mode editor, jadi kau tinggal menyimpannya saja. Sedangkan kalau screenshot beberapa bab saja, maka kau harus menentukan area gambar terlebih dahulu dengan cara drag memakai kursor.

Terakhir, kau dapat menyimpannya dengan menekan CTRL + S pada tombol keyboard.

3. Mengambil Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Lightshot

Aplikasi gratis yang satu ini dapat memotret layar dengan sangat baik da nada fitur edit ibarat menambah coretan, goresan pena dan sebagainya. Sebelum menggunakannya, kau harus mendownlod aplikasi lightshot terlebih dahulu.

Cara memakai lighsot juga cukup mudah, kau hanya perlu mengikuti langkah berikut:
  • Tekan tombol Prnt Scrn pada keyboard laptop/komputermu.
  • Selanjutnya, tentukan area yang hendak di simpan gambarnya (screenshot). Saat proses pengambilan gambar ini, kau dapat mengedit gambar sesuka hati dengan menambah garis petunjuk, menambah warna, menambah goresan pena dan masih banyak lagi. Ada beberapa varian editing yang layak kau coba.
Akhirnya, kita sudah berada pada penghujung artikel. Dengan adanya artikel ini, kau dapat melaksanakan menangkap tampilan layar dengan sangat gampang dan cepat. Berbagai goresan pena atau gambar yang penting dapat kita screenshot dengan sangat gampang dan cepat kalau kita tahu caranya.

Kalau saya sendiri lebih sering memakai cara yang pertama, soalnya sudah jadi kebiasaan saya saja. Nah, berdasarkan mu mana yang paling gampang untuk dicoba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel