Cara Membersihkan Laptop Luar Dan Dalam Paling Mudah!

Kapan kau membersihkan laptop? Seberapa sering? Saya yakin banyak dari kita yang malas untuk membersihkan laptop. Padahal yang namanya laptop kotor tentu tidak nyaman untuk digunakan, apalagi hal ini sanggup menyebabkan laptop menjadi lebih panas.

Penyebab Laptop Kotor

 Saya yakin banyak dari kita yang malas untuk membersihkan laptop Cara Membersihkan Laptop Luar dan Dalam Paling Mudah!

Ada beberapa hal yang menyebabkan laptop kotor, beberapa diantaranya yaitu:
  • Pemilik malas membersihkan laptop secara rutin.
  • Pemilik kurang merawat laptopnya.
  • Pemilik laptop teledor dan tidak berhati-hati sehingga banyak debu, remah-remah makanan, rambut rontok atau serpihan rokok.
Kalau dari pemiliknya sendiri sudah malas membersihkan laptop maka sanggup saja di lain hari terdapat kerusakan yang tidak diduga-duga. Nah, untuk mengantisipasi hal itu kita perlu merawat laptop dan membersihkan nya secara berkala.

Persiapan Membersihkan Laptop
 Saya yakin banyak dari kita yang malas untuk membersihkan laptop Cara Membersihkan Laptop Luar dan Dalam Paling Mudah!
Cairan Pembersih Khusus Laptop
Sebelum kau membersihkan laptop kesayanganmu, ada baiknya kau mempersiapkan beberapa hal berikut ini:
  • Siapkan cairan khusus pembersih untuk laptop.
  • Sediakan kompresor kecil untuk membersihkan laptop hingga seluk-beluknya.
  • Sediakan kain pembersih yang lembut dan halus tanpa serabut. Usahakan kain tersebut dalam kondisi lembab dengan cairan pembersih namun tidak terlalu basah.
  • Pastikan laptop sudah dalam keadaan mati total dan tidak terhubung dengan sumber daya listrik. Untuk lebih amannya lagi, cobalah untuk melepas baterai laptop dengan hati-hati.
Perlu diperhatikan juga, ketika proses pencucian kau dihentikan menyemprotkan cairan pembersih secara langsung. Komponen laptop memang ternyata sangat sensitif terhadap kontaminasi air sebab sanggup menyebabkan kongslet dan kerusakan yang fatal.

Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih ke kainnya saja, bukan ke komponen laptop.

Mari kita bahas satu per satu…

Membersihkan Laptop Bagian Luar

Seperti yang kita tahu, laptop cuilan luar merupakan cuilan yang bertatapan pribadi dengan lingkungan sekitar. Hal ini tentu menciptakan cuilan ini rentan sekali mengalami kotor sebab debu. Kalau hingga cuilan ini terlihat kotor, maka laptopmu menyerupai kurang terawat dengan baik.

Untuk itu, kau sebaiknya membersihkan cuilan luar ini secara rutin supaya selalu terlihat bersih. Ini beberapa caranya:

1. Membersihkan Laptop Bagian Body Casing

Bagian casing laptop nampaknya harus kau perhatikan setiap saat, pasalnya cuilan ini akan sangat kelihatan higienis tidaknya. Untuk cara membersihkan body laptop, kau sanggup ikuti langkah berikut ini.
  • Pertama, bersihkan laptopmu dengan menggunakan kain pembersih untuk menghilangkan laptop dari debu yang menempel. Pada tahap ini, kau masih sanggup menggunakan kain biasa.
  • Selanjutnya kau perlu membersihkan casing supaya lebih mengkilap dengan kain yang agak lembab (disertai cairan pembersih). Usahakan permukaan kain lembut dan tidak mempunyai serat, hal ini untuk menghindari tabrakan pada casing. Kamu sanggup mengelapnya pada cuilan yang kotor dan susah dihilangkan.
  • Terakhir, kau sanggup membiarkannya cuek sendiri atau mengelap dengan kain kering yang bersih. Sampai tahap ini, casing laptopmu niscaya akan lebih higienis dari sebelumnya.

2. Membersihkan Laptop Bagian Layar LCD

Setelah kau membersihkan casing laptop, selanjutnya kau sanggup membersihkan layar LCD. Cara membersihkannya pun bahwasanya tidak jauh berbeda dengan membersihkan casing, hanya saja kau harus lebih berhati-hati ketika membersihkan layar LCD.

Tahu sendiri kan layar LCD laptop itu sensitif? Nah maka dari itu kau perlu hati-hati. Kalau kau ingin tau bagaimana cara membersihkannya, silahkan baca panduan berikut ini:
  • Untuk langkah awal, kau harus membersihkan debu-debu yang melekat terlebih dahulu dengan kain biasa. Namun tidak perlu ditekan-tekan, cukup mengusapnya saja.
  • Berikutnya, lap layar LCD menggunakan kain yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kalau kain yang kau gunakan tadi tidak terlalu kotor, kau sanggup menggunakannya kembali. Sebaliknya, jikalau kain itu kotor kau wajib membersihkannya atau menggantinya dengan kain yang lain.
  • Saat mengelap, usahakan menggunakan rujukan pencucian yang searah supaya hasilnya lebih optimal. Dan ingat, kau tidak perlu menekannya cukup di usap-usap saja.

3. Membersihkan Laptop Bagian Keyboard dan TouchPad
 Saya yakin banyak dari kita yang malas untuk membersihkan laptop Cara Membersihkan Laptop Luar dan Dalam Paling Mudah!
Bagian yang satu ini tampaknya sudah menjadi biang kotoran pada laptop. Entah kenapa, cuilan yang satu ini terlihat begitu kotor dibandingkan yang lainnya. Oleh sebab itu, kau benar-benar harus membersihkan keyboard secara berkala.

Untuk cara pembersihannya sendiri, kau sanggup mengikuti langkah berikut ini:
  • Hilangkan debu dan kotoran pada keyboard menggunakan kompessor atau hairdryer mini. Kalau belum punya, kau sanggup membalikkan laptopmu kemudian gerakkan secara halus untuk menghilangkan debu dan kotoran yang bersarang dilaptopmu.
  • Kalau keyboardnya sangat kotor, kau juga sanggup membersihkannya dengan melepas tombol/tuts keyboardnya satu per satu. Namun, kau perlu hati-hati jangan hingga tombolnya malah rusak. Sebelum melaksanakan cara ini, kau juga perlu mengecek buku manual terlebih dahulu sebab tidak setiap laptop tombol keyboardnya sanggup dilepas. Setelah terlepas, coba bersihkan keyboardnya dengan hati-hati.
  • Apabila keyboard sudah selesai dibersihkan, kau juga sanggup membersihkan touchpad dengan menggunakan kain yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Membersihkan Laptop Bagian Dalam

4. Membersihkan Laptop Bagian Port dan Kipas

 Saya yakin banyak dari kita yang malas untuk membersihkan laptop Cara Membersihkan Laptop Luar dan Dalam Paling Mudah!

Sebenarnya untuk membersihkan dua cuilan ini sanggup dilakukan dari luar, namun kau juga sanggup membersihkannya dari dalam supaya hasilnya lebih maksimal. Begini caranya:
  • Seperti biasa, coba gunakan compressor untuk membersihkan debu yang berada pada cuilan port dan kipas angin. Kamu sanggup menyemprotkan angin dari sudut tertentu sehingga  debu yang melekat sanggup keluar.
  • Berhati-hatilah ketika kau menyemprotkan angin, sanggup saja angin yang berhembus mengeluarkan cairan. Hal ini tentu tidak baik sebab cairan tersebut sanggup masuk ke cuilan dalam laptop dan hasilnya menjadi rusak. 
  • Untuk mengantisipasi hal tersebut, kau juga sanggup meniup-niup secara manual. Meski susah, namun cara ini sanggup jadi lebih baik dari compressor. Alternatif lainnya, kau sanggup menggunakan hairdryer atau vacuum cooler mini.
Lantas bagaimana cara membersihkannya dari dalam?
  • Tentu saja kau harus membongkar laptopmu terlebih dahulu. Setelah itu kau gres sanggup membersihkan bagian-bagian ini dengan baik.
  • Caranya sama, kau sanggup gunakan kompessor atau vacuum cooler mini untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel.
5. Membersihkan Komponen Penting dan Vital
 Saya yakin banyak dari kita yang malas untuk membersihkan laptop Cara Membersihkan Laptop Luar dan Dalam Paling Mudah!
Komponen penting dan vital yang saya maksud itu menyerupai motherboard, VGA, prosesor dan heatsink. Sama menyerupai cuilan luar, cuilan dalam laptop juga sanggup saja kotor sebab debu dan kotoran yang masuk melalui ventilasi.

Kalau tidak dibersihkan, cuilan penting ini sanggup saja mengalami penurunan performa dan hasilnya rusak. Kamu tidak mau hingga hal ini terjadi pada laptopmu kan? Untuk itu, bersihkan laptopmu dengan cara-cara berikut ini:
  • Pertama, kau tentu harus membongkar laptopmu secara menyeluruh. Kalau bisa, bongkar setiap komponen yang dirasa perlu untuk dibersihkan.
  • Sewaktu pembongkaran, sebaiknya kau menaruh komponen laptop dengan hati-hati jangan hingga ada hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kau juga harus paham betul setiap komponen pada laptopmu supaya tidak terjadi kesalahan teknis.
Akhirnya kita hingga pada selesai artikel ini. Seperti yang kita ketahui bersama, menjaga kebersihan yakni sebagian dari iman.

Untuk itu dalam hal ini kita juga harus membersihkan perangkat pribadi kita menyerupai laptop secara rutin. Kalau laptop kita bersih, dilihat juga akan tampak lebih sedap dan segar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel