Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa Dkv Dan Kesenian

Sebagai anak yang gres lulus SMA, kau terkadang galau untuk menentukan masa depanmu. Bagi yang ingin bekerja sih oke-oke saja, namun bagi yang melanjutkan ke jenjang kuliah tampaknya harus memikirkan matang-matang mau masuk ke agenda studi yang mana.

Keputusan ini juga sering kali membuat dilema yang luar biasa, khususnya bagi yang belum dapat mengenali minat dan passionnya sendiri.

 kau terkadang galau untuk menentukan masa depanmu Laptop Terbaik untuk Mahasiswa DKV dan Kesenian

Mau pilih prodi itu takut stress, mau pilih prodi lain takut pikiran kacau. Nah, bahwasanya sih untuk menentukan ini gampang-gampang susah. Yang harus pertama kali dilakukan yakni mengingat kembali apa kesukaanmu, hobimu dan hal-hal yang membuatmu senang.

Bagi yang suka otak-atik komputer maka pilih jurusan teknik informatika, bagi yang suka merancang sesuatu dapat pilih jurusan teknik sipil dan arsitektur sedangkan bagi yang suka seni maka dapat masuk ke jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) atau kesenian.

Kamu dapat mengekspresikan hal-hal yang kau suka dengan berguru sesuai apa yang kau senangi. Dengan begitu, kau akan lebih antusias dalam menjalani kegiatan di kampus.

Sehubungan dengan itu, kau memerlukan perangkat mobile menyerupai laptop untuk menunjang aneka macam kiprah dan pekerjaan. Bagi yang masuk ke jurusan DKV dan kesenian, kau dapat membuat karya melalui aneka macam media menyerupai tulisan, gambar atau dalam bentuk digital.

Kamu juga niscaya akan diajarkan hal-hal dasar berkaitan dengan seni rupa dan desain, contohnya membuat animasi 2D & 3D, gambar, animasi film, fotografi, motion graphic, CGI, rendering dan masih banyak lagi.

Mengingat banyak sekali yang diajarkan, kau dapat menganggap ini sebagai challange untuk diri sendiri. Selain melaksanakan kiprah desain secara manual, mahasiswa DKV juga tampaknya akan dikenalkan dengan aneka macam software digital untuk desain dan editing.

Wajar saja, di kurun kini ini banyak perusahaan yang sangat membutuhkan tenaga kerja di bidang desain grafis dan animator handal serta menguasai aneka macam software digital. Kalau tidak bisa, maka tentu saja pihak perusahaan akan mencari tenaga kerja lain yang lebih ahli.

Untuk berguru software digital menyerupai SketchUp, Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, Corel Draw, Blender dan Photoshop, kau dituntut untuk mempunyai laptop yang cukup mumpuni.

Dilihat dari software yang sering dipakai tadi, banyak diantaranya memerlukan system requirement yang tinggi untuk menjalankan semuanya dengan lancar. Makanya, laptop yang kau pilih dihentikan sembarangan.

Kualitas dan spesifikasinya harus dapat memenuhi aneka macam kebutuhan mahasiswa DKV dan kesenian. Lantas, bagaimana kriteria laptop yang cocok untuk mahasiswa DKV dan kesenian? Beberapa kriteria tersebut yaitu:
  • Minimal Processor Intel Core-i3
Yang perlu diperhatikan pertama kali yakni prosesornya. Semakin baik prosesor yang diusung, performa laptop tentu akan jarang mengalami problem menyerupai ngelag dan hang. Saran saya, gunakanlah prosesor Intel Core-i3 ke atas biar performa laptop tetap mulus saat menjalankan software berat.

Prosesor yang anggun tentu dapat memenuhi kebutuhanmu sampai beberapa tahun mendatang. Kamu jadi tidak perlu lagi ganti laptop dengan yang gres selama berguru di dunia perkuliahan.
  • Ukuran RAM Minimal 4GB
Beberapa software kelas 'kakap' menyerupai Adobe Premire Pro atau After Effect biasanya memerlukan system requirement yang besar sampai mencapai 4GB. Jadi, laptop yang RAM-nya 2 GB tidak akan dapat menjalankan software ini. Kalau sudah begini, maka tugas-tugasmu akan terganggu gara-gara spesifikasi laptop yang kurang memadai.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk membeli laptop dengan ukuran RAM 4 GB atau lebih dari itu. Ukuran RAM yang memadai tentu saja dapat menghandle segala software-software tadi.
  • Display Jernih dan Berkualitas
Sudah menjadi hal yang wajib tentunya bagi mahasiswa DKV mempunyai laptop dengan display yang berkualitas. Display inilah yang akan menunjang hasil kinerja aneka macam kegiatan menyerupai desain, editing atau hal yang lain.

Kamu juga dapat lebih mengamati warna, kontras, tekstur, garis dan detail yang lainnya. Oleh sebab itu, pilihlah laptop dengan kualitas layar yang baik setidaknya mempunyai resolusi HD. Namun lebih recomended lagi yang sudah punya resolusi Full HD atau QHD.
  • VGA Card Tipe Dedicated
Sebenarnya, tiap laptop sudah mempunyai kartu grafis bawaan (integrated). Untuk kebutuhan ringan menyerupai mengetik, browsing atau lihat video niscaya sudah tidak masalah. Namun lain halnya jikalau dipakai untuk kegiatan desain dengan kebutuhan grafis yang tinggi.

Kalau untuk desain dan animator tentu lebih baik memakai dedicated yang artinya mempunyai data dan VRAM sendiri. Dengan konsep yang menyerupai itu, VGA dedicated penggunaannya tidak akan memori sistem terlalu banyak.

Selain itu, penggunaan grafis dedicated juga mempunyai kualitas yang jauh lebih anggun untuk menunjang kegiatan desain dengan detail tinggi. Untuk membuat animasi, grafis, 2D atau 3D tentu saja sangat mulus. Meskipun begitu, penggunaan VGA dedicated biasanya tidak ekonomis daya.

Berdasarkan kriteria di atas, kau tentu sudah dapat membayangkan laptop menyerupai apa yang akan kau pilih. Nah berhubung kami baik hati, maka kami akan sajikan beberapa rekomendasi laptop yang sangat cocok untuk mahasiswa DKV dan kesenian. Kamu dapat menyimak beberapa rekomendasi laptop berikut ini:

1. Laptop MSI GL62


Spesifikasi dan Harga Laptop MSI GL62
ProsesorIntel Core i7-6700HQ
Kecepatan2.6 – 3.5 GHz
VGA CardNvidia GTX950M 2GB
SSD-
HDD1 TB HDD
Memori RAM4 GB
Ukuran Layar15 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 10.485.000,-

2. Asus ROG GL553VD-FY280D


Spesifikasi dan Harga Laptop Asus ROG GL553VD-FY280D
ProsesorIntel Core i7-7700HQ
Kecepatan2.8 – 3.2 GHz
VGA CardNvidia GTX1050M 4GB
SSD-
HDD1 TB HDD
Memori RAM8 GB
Ukuran Layar15.6 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 13.945.000,-

3. Macbook Pro MF839 Retina


Spesifikasi dan Harga Macbook Pro MF839 Retina
ProsesorIntel Core i5
Kecepatan2.7 – 3.1 GHz
VGA CardIntel HD 6100
SSD128 GB SSD
HDD-
Memori RAM8 GB
Ukuran Layar13.3 inch QHD
AksesorisBluetooth, Camera
Sistem OperasiMac OS X (terbaru)
Taksiran HargaRp 16.285.000,-

4. Acer Aspire E5-553G-F79R


Spesifikasi dan Harga Acer Aspire E5-553G-F79R
ProsesorAMD FX-9800P
Kecepatan2.7 – 3.6 GHz
VGA CardAMD R8 M445DX 2GB
SSD128 GB SSD
HDD1 TB HDD
Memori RAM8 GB
Ukuran Layar15.6 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 8.834.000,-

5. Asus X441UV


Spesifikasi dan Harga Laptop Asus X441UV
ProsesorIntel Core i3-6006U
Kecepatan2.0 GHz
VGA CardNVIDIA GT920M 2GB
SSD-
HDD500 GB
Memori RAM4 GB
Ukuran Layar14 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 5.800.000,-

6. LENOVO IP 310-14IKB


Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo IP 310-14IKB
ProsesorIntel Core i5-7200U
Kecepatan2.5 - 3.1 GHz
VGA CardNVIDIA GT920MX 2GB
SSD-
HDD1 TB
Memori RAM4 GB
Ukuran Layar14 inch
AksesorisDVD-RW, Bluetooth, Camera
Sistem OperasiDOS
Taksiran HargaRp 6.895.000,-

Itulah beberapa rekomendasi laptop untuk mahasiswa desain komunikasi visual dan kesenian yang perlu kau pertimbangkan sebelum membeli laptop. Dengan membaca rekomendasi tadi, kau dapat menentukan mana yang sesuai dengan selera, budget dan kebutuhanmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel