Cara Mengecek Directx Pada Laptop/Komputer Semua Windows

Tutorial kali yang akan kami share kali ini cukup sederhana yaitu cara mengecek DirectX pada laptop atau komputer. Cara ini juga dapat digunakan untuk semua versi Windows, baik itu Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Kamu hanya perlu menyesuaikannya saja.

 Tutorial kali yang akan kami share kali ini cukup sederhana yaitu cara mengecek DirectX p Cara Mengecek DirectX pada Laptop/Komputer Semua Windows


Kenapa harus dicek, apakah penting? Sebenarnya cukup penting juga sih. Maksud dari ‘mengecek’ di sini yaitu mengusut apakah DirectX sudah terpasang di laptop/komputer atau belum. Selain itu, pengecekan ini dapat bertujuan untuk melihat versi dari DirectX itu sendiri. Semakin gres versinya tentu semakin manis kinerjanya.

Bagi kau yang belum tahu apa itu DirectX, mari kita sedikit singgung berdasarkan Wikipedia. DirectX ialah sekumpulan API yang berfungsi menangani tugas-tugas dalam pemrograman multimedia, khususnya game komputer dalam sistem operasi Windows.

DirectX ini merupakan kerja sama dari aneka macam komponen seperti, DirectInput DirectDraw, DirectSound, DirectMusic, DirectX Media, DirectPlay, dan Direct3D.

Masing-masing komponen ‘Direct’ tentu mempunyai fungsi yang berbeda. Misalnya DirectDraw menangani aneka macam hal yang berkaitan dengan gambar dan DirectMusic menangani hal-hal yang berafiliasi dengan suara dan musik.
 
Untuk versi dari DirectX yang paling gres ialah versi 12. Namun tampaknya gres tersedia untuk sistem operasi Windows 10 saja.

Cara yang paling cepat untuk mengetahui keberadaan DirectX ialah dengan mengecek isyarat ‘dxdiag’ sudah terinstall atau belum.

Program ‘dxdiag’ ini merupakan jadwal bawaan DirectX yang berfungsi untuk menganalisa dan mendiagnosis semua hal yang berafiliasi dengan DirectX. Misalnya berkaitan dengan kartu grafis yang dipakai, spesifikasi suara, jumlah memori VGA, input devices dan lain-lain.

Dari jadwal ini, kau dapat melihat DirectX-nya versi berapa. Biasanya versi DirectX ini juga memengaruhi sebuah game, jadi ketika versi DirectX-nya belum mendukung terkadang game tersebut tidak dapat di install atau dijalankan.

Berhubung laptop aku memakai Windows 10, maka tutorial ini lebih mengacu pada Windows 10. Namun tetap saja dapat dipraktikkan pada versi Windows lainnya.

Oke, eksklusif saja. Berikut ialah cara mengecek DirectX pada laptop atau komputer.

1. Langkah pertama, masuklah ke sajian start kemudian search "Run" kemudian buka. Kalau tidak ingin ribet dan ingin lebih cepat, kau dapat menekan Windows key + R sehingga akan muncul jendela Run.

 Tutorial kali yang akan kami share kali ini cukup sederhana yaitu cara mengecek DirectX p Cara Mengecek DirectX pada Laptop/Komputer Semua Windows

2. Setelah muncul jendela Run, cobalah ketikkan “dxdiag”. Kemudian enter.

 Tutorial kali yang akan kami share kali ini cukup sederhana yaitu cara mengecek DirectX p Cara Mengecek DirectX pada Laptop/Komputer Semua Windows


3. Sampai di sini, sudah seharusnya akan muncul jendela DirectX. Kamu dapat melihat aneka macam keterangan yang menjelaskan perihal spesifikasi laptop atau komputermu. Pada Tab System Information bab bawah, kau dapat melihat detail dari versi DirectX.

Karena laptop aku sudah upgrade DirectX, maka keterangan yang muncul sudah versi 12 (teranyar).

 Tutorial kali yang akan kami share kali ini cukup sederhana yaitu cara mengecek DirectX p Cara Mengecek DirectX pada Laptop/Komputer Semua Windows

Ingat ya, cara ini bukan hanya untuk Windows 10 saja, melainkan dapat juga digunakan untuk Windows Vista, Windows XP, Windows 7, maupun Windows 8.

Kalau laptop/komputermu belum terpasang DirectX atau ingin upgrade versinya, maka ada beberapa metode yang dapat kau tempuh.
  1. Metode pertama, kau harus menjalankan fungsi Windows Update (harus connect internet) lalu pilih DirectX yang diinginkan.
  2. Kedua, kau dapat mendownload dan menginstall DirectX End-User Web Installer melalui halaman resmi dari Microsoft. Kamu dapat mengunduh versi offline installernya kemudian memasangnya. Kamu browsing niscaya akan sangat gampang untuk menemukannya.
  3. Ketiga, kau dapat menginstall DX melalui Driverpack Solution. Ini bukan cara terbaik, namun dapat menjadi alternatif.
Dengan mengetahui kondisi DirectX, kau dapat memastikan laptop/komputermu layak diinstall game itu atau tidak. Kamu juga dapat melihat spesifikasi detail dari laptop atau komputermu di System Information.

Mungkin segitu saja, sekian.  Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel